Peringatan Hardiknas Tahun 2022 Dilaksanakan Dihalaman Kantor Pemkab Tulang Bawang

Sembilansilsilah. Com-Bupati Tulangbawang diwakili Staf Ahli Saut Sinurat pimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Tulangbawang, Jum’at (13/5/2022).

Peringatan Hardiknas 2022 dengan tema “Pimpin Pemulihan Bergerak Untuk Merdeka Belajar” ini Bupati Tulangbawang diwakili Staf Ahli, membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.

Pada sambutan Mendikbud Ristek yang dibacakan oleh Saut Sinurat menyampaikan, Selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan kita mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kita semua bisa mengatasnya.

“Hari ini adalah bukti, bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan memimpin pemulihan dan kebangkitan,” ungkap Saut Sinurat membacakan sambutan Mendikbud Ristek.

Ia menambahkan, Kurikulum Merdeka yang berawal dari upaya membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di Indonesia.

Mendikbud Ristek menekankan bahwa, “Anak-anak kita juga tidak perlu lagi dengan tes kelulusan, karena Asesmen Nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan “menghukum” guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar,” tambah Staf Ahli.

Terakhir Mendikbud Ristek mengatakan, para penggerak merdeka belajar di seluruh Indonesia, langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun kita belum sampai di garis akhir, maka tidak ada alasan untuk berhenti bergerak.

“Kedepan masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Terus memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar,” pungkas Staf Ahli menutup pidato Mendikbud Ristek.

Sementara itu, Saut Sinurat juga membacakan amanat Bupati, Winarti mengatakan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta memperhatikan kesejahteraan guru dan murid, melalui 25 program Bergerak Melayani Warga (BMW) kita juga sudah realisasikan diantaranya bantuan Laptop untuk guru, program Makanan tambahan untuk anak sekolah, Insentif tenaga pendidik Non PNS, bantuan PAUD, program beasiswa. Sehingga terbukti, 25 program BMW mampu memajukan pendidikan di Kabupaten Tulangbawang.

“Saya sangat menghargai dan mengapresiasi atas jasa dan pengabdian semua pegiat dan insan pendidikan, mari kita terus bergerak melayani warga untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, demi kemajuan masyarakat, daerah, bangsa dan negara. Karena di tahun ke-5 realisasi 25 program BMW, saya ucapkan terimakasih atas dukungan kepala sekolah, guru, siswa dan semua pihak. Mari kita berkomitmen untuk melanjutkan realisasi 25 program BMW. Selamat Hari Pendidikan Nasional,” tutupnya.

Tampak hadir juga dalam upacar ini, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator, Ketua PGRI, Kepala Sekolah, Guru, Siswa Siswi SD, SMP, SMA dan pegiat Pendidikan. (Adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *