BKKBN Prov. Lampung Adakan Pembekalan

Bandar Lampung -9silsilah.com-Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke lapangan, Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung bekerjasama dengan Universitas Malahayati mengadakan kegiatan Pembekalan KKL – PPM bagi mahasiswa Universitas Malahayati, bertempat di Gedung Serba Guna Graha Bintang Universitas Malahayati. Pada kegiatan tersebut turut hadir Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Rektor Universitas Malahayati Lampung, Ketua LPPM Universitas Malahayati Lampung, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi dan Kota Bandar Lampung, Kepala Dinas OPDKB Kota Bandar Lampung, Para Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Para Koordinator dan Sub koordinator Bidang Kabupaten/Kota dan Provinsi dan 400 mahasiswa/i peserta KKL-PPM Universitas Mahalayati. Kamis, 14/07/2022
Pada kesempatan itu Rektor Universitas Malahayati, Dr. Achmad Farich, dr. MM., menyampaikan bahwa kegiatan pembekalan KKL – PPM marupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa/i. Dengan diadakannya pembekalan ini diharapkan bagi semua mahasiswa yang akan berkuliah kerja nyata mampu menerapakan ilmu yang telah mereka geluti selama dibangku perkuliahan, untuk diaplikasikan kepada masyarakat di desa dan pada saat bersamaan belajar tentang nilai kehidupan dalam bermasyarakat itu sendiri.
Sementara itu Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Ni Gusti Putu Meirdha, SE, MM dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa BKKBN menaruh perhatian penting terhadap mahasiswa/I karena karena mahasiswa/i ini yang nantinya akan turun ke lapangan untuk mengabdi kepada masyarakat sehingga diharapkan nantinya mahasiswa/I ini dapat menjalankan perannya sebagai agen perubahan dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di lapangan khususnya masalah kependudukan yang antara lain kualitas SDM yang di bawah standar, masih tingginya jumlah pernikahan usia anak dan remaja, tingginya tingkat kelahiran pada wanita usia 15-19 tahun, kasus stunting masih tinggi dan masih banyak lagi.
Penerapan Mahasiswa Penting dapat melalui program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Tematik atau kegiatan pengabdian masyarakat lainnya, yang dirancang sebagai aktivitas mahasiswa sehari-hari dalam menjalankan perannya sebagai agen perubahan yang bekerja untuk dan bersama masyarakat Mahasiswa akan melakukan pengabdian masyarakat dalam rentang waktu yang telah ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi untuk melaksanakan program-program kerjanya terkait dengan upaya penurunan dan pencegahan stunting di lokus yang telah ditetapkan. Program atau intervensi ini mencakup kegiatan fasilitasi terhadap masyarakat agar mereka mampu menyelesaikan masalah mereka sendiri dengan potensi yang dimiliki, melalui metode dan teknik fasilitasi yang sesuai dengan kondisi masyarakat. Hal itu ditujukan untuk membangun sistem di masyarakat kaitannya dengan pendekatan penanganan serta penurunan kejadian stunting berbasis keluarga. Program ini akan dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, oleh karena itu membutuhkan dukungan dari banyak pihak (stakeholder dan mitra kerja) terkait.
Lebih lanjut Putu menambahkan bahwa program Mahasiswa Penting (peduli stunting) bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pencegahan stunting, dengan melakukan pendampingan secara langsung maupun berkolaborasi dengan Tim Pendamping Keluarga (TPK). Selain itu juga bertujuan untuk meningkatnya pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya pencegahan stunting. Meningkatnya kinerja TPK dalam mengedukasi masyarakat tentang pencegahan stunting, dengan adanya pendampingan yang bersifat kolaboratif dengan mahasiswa, serta meningkatnya tingkat kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat dan asupan makanan bergizi, praktik pengasuhan anak yang sehat, serta kesehatan lingkungan yang meliputi tersedianya sarana air bersih dan sanitasi. Utamanya adalah sebagai wahana untuk mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki untuk mempersiapkan diri dalam kehidupan bermasyarakat dan mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi KKL Tematik Stunting merupakan wujud pembelajaran mahasiswa dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan mengangkat tema tentang Program Percepatan Penurunan Stunting.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk Sri Rejeki Wuwuh Handayani, M.I.P dan Sub Koordinator Data dan Informasi Diana PuspitaDewi, S.Sos serta sesi tanya jawab kemudian ditutup dengan pembagian door prize dan penyerahan plakat.irsan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *